Wali Kota Medan Resmikan Pusat Oleh-Oleh Khas Medan

Browse By

Penulis & Fotografer Vicky Siregar

Wali Kota Medan, Bapak Dzulmi Eldin telah meresmikan sebuah gerai toko toko oleh-oleh khas Medan yang beramat di jalan Razak Baru Medan, di sebuah pertokoan Pasar Petisah, Selasa (30/1).

Dengan kehadiran pusat oleh-oleh khas Medan ini, Wali Kota berharap dapat meningkatkan kreatifitas masyarakat, terutama pelaku usaha, perajin maupun para pelaku bisnis panganan yang ada di Kota Medan. Diharapkan mereka dapat memanfaatkan pusat oleh-oleh ini untuk menghasilkan suatu produk dengan ciri khas sendiri yang tidak ditemukan di daerah lain.

“Melihat oleh-oleh khas Kota Medan yang memiliki ciri khas tersendiri tentunya dapat menarik perhatian masyarakat, terutama para wisatawan untuk datang membelinya,” ucap Wali Kota.

Guna mendukung keberadaan pusat oleh-oleh ini, Wali Kota mengajak seluruh Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Kota Medan, khususnya Dinas Pariwisata agar berperan aktif mendukungnya. “Bentuk dukungan itu dapat dilakukan Dinas Pariwisata dengan menggandeng biro travel yang ada di Kota Medan. Dengan kerja sama itu, para biro travel dapat membawa para wisatawan belanja ke pusah oleh-oleh khas Medan,” harapnya.

Dalam peresmian kali ini,  tidak hanya Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin saja yang hadir,  turut di didampingi langsung oleh Ketua Dekranasda Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin, Wakil Ketua DPRD Medan, H Iswanda Nanda Ramli, Pimpinan Bank Indonesia Wilayah Sumatera Utara, Arif Budi Santoso, Kadis Ketahanan Pangan, Muslim Harahap, Dirut PD Pasar, Rusdi Sinuraya, serta unsur Forkopimda Kota Medan ikut meresmikan pusat oleh-oleh khas Kota Medan tersebut.

Adapun panganan oleh-oleh yang dijual di sana seperti aneka keripik, cake, manisan, sirup serta penanganan lainnya yang tak diragukan lagi kenikmatan dan kelezatannya. Tidak hanya itu,  pusat oleh-oleh juga menyediakan cinderamata dan hasil kerajinan lainnya. Wali Kota berharap agar seluruh para pelaku UMKM, terutama yang fokus pembuatan penganan olahan dapat menjadikan tempat itu untuk mempromosikan produknya sekaligus memasarkannya.

Tak lama setelah diresmikan oleh Dzulmi Eldin, pembeli pun langsung masuk menyerang ke gerai toko untuk membeli jenis aneka makananan-makanan khas medan. Para pembeli juga memberi tanggapan positif dengan adanya gerai oleh-oleh khas Medan yang bekerjasama dengan pihak Pemko Medan. Mereka mengganggap belanja oleh-oleh khas Medan  seperti di toko Dekranasda penganannya lebih higenis dan dijaga kebersihan dan kesehatannya.

“Dengan adanya pusat gerai oleh-oleh khas Medan ini, memudahkan saya untuk belanja aneka penganan seperti, keripik, cake, sirup, dan juga penganan lainya. Makanannya juga dikemas secara higenis, bersih dan dijamin kesehatannya untuk di konsumsi,” kata ibu Nur’aini  salah satu pembelinya.

Acara ditutup dengan foto bersama bersama Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, dan Ketua Dekranasda Kota Medan, Hj Rita Maharani  beserta staf pegawai Dekranasda Kota Medan.