Usai Sidang Adat, Ini Gelar Adat untuk Bobby dan Kahiyang Ayu

Browse By

Medan – Sidang Adat Maralok-Alok sebagai penentu dari prosesi pernikahan adat Mandailing antara Muhammad Bobby Afif Nasution dengan Kahiyang Ayu, digelar di Kompleks Taman Setia Budi Indah I Bukit Hijau Regency No. 123 Medan (24/11).

Pandapotan Nasution, S.H. selaku Raja Pasununan yang memimpin sidang adat Kerapatan Adat atau Maralok-alok memberikan restu kepada suhut untuk menggelar lanjutan acara Manopot Horja. Sebanyak 30 raja yang diantaranya berasal dari marga Siregar, Nasution, Harahap, Hasibuan, dan Lubis hadir dalam rangka mengikuti sidang adat atau Maralok Alok hingga Manortor sesi kedua. Acara Manortor akan berjalan semalam suntuk dari Jumat (24/11) malam hingga Sabtu (25/11) pagi.

“Di dalam sidang adat dibahas mengenai besar kecilnya acara, selain itu juga dibahas gelar adat. Setelah raja-raja adat Mandailing menyetujui semua, gelar adat wajib diberikan kepada Bobby dan Kahiyang. Setelah namanya ditabaikan, maka mereka berdua dianggap sebagai orang yang dituakan,” tutur pemangku adat Mandailing yang bergelar Paduan Kumala Pandapotan.

“Horas horas,” ucap peserta dengan lantang, pertanda peserta menyetujui kesepakatan raja-raja Mandailing. Memutuskan gelar adat untuk Bobby Nasution adalah Sutan Porang Gunung Baringin Naposo, sedangkan Kahiyang Ayu Siregar bergelar Namora Pinayongan Kasayangan. Setelah Bobby dan Kahiyang memperoleh nama gelar tersebut, maka nama kecil dari keduanya tidak boleh digunakan lagi

 

Related Post