TMP Mem-Pancalisa-kan Kota Medan

Browse By

Fotografer : Josua Sinaga

Puluhan ribu masyarakat yang berasal dari Kota Medan dan sekitarnya dengan berbagai elemen, komunitas, organisasi, memeriahkan Kirab Kebangsaan yang dilaksanakan oleh Taruna Merah Putih (TMP), Minggu (21/1). Acara ini bertujuan untuk, membangkitkan jiwa pancasila kepada anak bangsa, dan mencegah pemahaman radikalisme, terorisme dan lainnya.

Kirab Kebangsaan TMP itu diikuti berbagai elemen diantaranya, Komunitas Agama Budha Tridharma, Komunitas Tionghoa Parisdha, Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Al-Washliyah, Ormas Islam Medan, Hihmabudi, Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), Gema Budi, Jemaat Sato Yoseph, Pemuda Panca Marga, dan lainnnya.

Tak ketinggalan tokoh masyarakat dan kalangan pejabat turut hadir, sebut saja Walikota Medan, Dzulmi Eldin, Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution, Ketua DPP PDIP, Djarot Syaiful Hidayat, Anggota DPRD RI, Sofyan Tan, Niko Siahaan, Ketua DPRD Medan, Henry Jhon Hutagalung. Mereka ikut serta bergabung dengan warga mengikui jalan sehat sepanjang sekitar 4 Kilometer (KM), dengan titik start dan finish di Jalan Pulau Pinang.

Tak hanya dimeriahkan oleh berbagai komunitas, organisasi dan kalangan pejabat saja, acara ini juga dimeriahkan oleh Drumband SMA Perguruan Wahidin, Pramuka, Komunitas Sepeda Ontel, Barongsai Binjai, Reog Desa Kolam Percut Sei Tuan, Barongsai Akiong, Pencak Silat THS, Marawis, Becak Hias.

Dalam memberikan kata sambutan, Ketua Umum DPP TMP, Maruar Sirait mengaku, acara ini bertujuan untuk mengingatkan lagi kepada masyarakat untuk mempertahankan ideologi Indonesia adalah Pancasila. Semua elemen bangsa atau warga Negara, wajib mempertahankan Pancasila sebagai pegangan hidup bernegara.

“Acara kirab ini juga dilakukan diberbagai daerah seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Solo, Makasar, Tanggerang, dan daerah lainnya. Tak lain, kami buat ini untuk mempertahankan Pancasila sebagai ideologi Negara,”ucapnya.

Sebab menurutnya, sudah banyak orang-orang yang tak bertanggung jawab, memecah belah negara ini dengan paham radikalisme, terorisme dan lainnya. Untuk itu, acara ini juga memperkuat tali silaturahmi kepada sesama anak bangsa agar menjadi sadar dasar negara yang dimiliki ini. “Dengan kirab kebangsaan ini, kita sangat bersemangat ingin mem-Pancasila-kan Indonesia,”tegas Maruar.

Ketua TMP Kota Medan, Wong Chun Sen menambahkan, acara yang baru pertama sekali di Medan ini, memiliki komitmen untuk menjaga dan membela Pancasila dari berbagai macam ancaman dan rongrongan ideologi lainnya. “Kita akan tunjukkan kepada dunia, bahwasan ideologi Pancasila adalah harga mati,”tegasnya.

Sementara itu, calon Gubernur Sumatera Utara (Sumut) dari koalisi PDIP Perjuangan dan PPP, Djarot S. Hidayat mengatakan, Indonesia merupakan Negara yang sangat besar, dengan memiliki anugrah keragaman suku, budaya, agama dan golongan. Tapi, rakyat Indonesia patut bersyukur karena perbedaan itu bisa disatukan dengan Pancasila.

“Kita semua ini memang berbeda-beda, namun kita semua diikat dan dipersatukan oleh Pancasila. Oleh sebab itu, mari kita jaga Pancasila ini sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia,”ucapnya.

Related Post