Tiga Hari Ke Depan, Medan Cerah Berawan

Browse By

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memprakirakan dalam tiga hari ke depan cuaca di Sumatera Utara (Sumut) umumnya dan Kota Medan khususnya cerah berawan. Namun, ada beberapa wilayah di Sumut yang berawan dan berpotensi hujan ringan.
Hal itu disampaikan Kabid Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Selasa (10/1). Ia menuturkan, saat ini Kota Medan sudah memasuki musim kemarau. Mulai Selasa (10/1) hingga Jumat (13/1) prakiraan cuaca di Medan secara umum cerah berawan di pagi hingga malam hari.  “Suhu udara di Kota Medan diprediksi mencapai 23 hingga 32 derajat celcius. Suhu maksimal (32 derajat) terjadi diantara pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB. Kecepatan angin diprediksi mencapai 20 kilometer per jam dan kelembaban udara 65 sampai 90 persen,” jelasnya.
Ia mengimbau agar masyarakat Kota Medan tetap menjaga kesehatan meski suhu udara maksimal hanya mencapai 32 derajat celcius dengan meminum air minimal delapan liter sehari. Selain itu, warga Medan juga dihimbau untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan (di bawah terik matahari) untuk menghindari terjadinya dehidrasi.
“Untuk kondisi gelombang laut seperti di wilayah Selat Malaka bagian utara, tinggi gelombang diprediksi mencapai 0,5 hingga 2,5 meter dengan kecepatan angin empat hingga 20 knot. Di wilayah Selat Malaka bagian tengah tinggi gelombang diprediksi mencapai 0,1 hingga 0,75 meter dengan kecepatan angin dua hingga 10 knot. Di wilayah Perairan Kepulauan Nias-Sibolga tinggi gelombang diprediksi mencapai 0,25 hingga dua meter dengan kecepatan angin dua hingga 15 knot. Di wilayah Samudera Hindia barat Kepulauan Nias tinggi gelombang diprediksi mencapai 1,5 hingga 2,5 meter dengan kecepatan angin delapan hingga 15 knot,” pungkasnya.
Salah satu prakirawan BMKG Wilayah I Medan Martha Rosefina Manurung merincikan, pada Kamis (12/1) mendatang ada beberapa wilayah di Sumut yang berpotensi  hujan ringan di malam hari yakni Tarutung, Sidikalang, Salak, Dolok Sanggul dan Pangururan. Sedangkan yang berpotensi berawan pada dini hari yakni Tarutung, Sipirok, Kabanjahe, Pematang Raya, Sidikalang, Balige, Salak, Dolok Sanggul, Pangururan, Pematangsiantar dan Padang Sidempuan.
“Secara umum wilayah-wilayah tersebut cerah berawan di pagi hingga malam hari dengan potensi kecepatan angin 10 hingga 20 kilometer per jam. Kemudian kelembaban udara rata-rata 60 hingga 90 persen dan potensi suhu udara mulai dari 20 hingga 32 derajat celcius,” sebutnya. (Suhairy)