Setetes Darah Sejuta Pengharapan

Browse By

Teks | Foto: Resta M.Napitupulu

Meningkatnya kesadaran masyarakat termasuk instansi akan pentingnya donor darah menjadi hal yang patut disyukuri serta perlu digiatkan lagi. Menurut Dokter Eka yang bertugas di PMI Medan, sudah banyak instansi yang mulai rutin mengadakan kegiatan donor darah, salah satunya hari ini Grand Swiss-belHotel Medan yang bekerjasama dengan PMI untuk melakukan aksi sosial donor darah di Diamond Foyer lantai dua Grand Swiss-belHotel.

Menurut Public Relation Executive Grand Swiss-belHotel, Gema Teguh, ini sudah menjadi salah satu kegiatan rutin yang diadakan. “Biasanya kita mengadakan kegiatan seperti ini tiga sampai empat kali tiap tahun,” katanya disela menunggu antrian untuk ikut donor darah. Tambahnya lagi, kegiatan ini ditujukan untuk umum, baik itu staff, tamu hotel, serta siapa saja yang ingin berkontribusi.

Donor darah kali ini dikemas lebih apik oleh pihak manajemen dengan adanya konsultasi kesehatan kulit dan cek darah gratis, ditambah sajian snack bagi pendonor.

Pihak PMI, optimis dari target lima puluh kantong darah yang ingin didapat, “kami optimis hari ini bisa mengumpulkan lebih dari 50 bag hari ini,” tambahnya lagi

Nantinya, darah yang terkumpul akan diperiksa kembali oleh PMI apakah kandungan darah bebas dari virus HIV/AIDS, Hepatitis untuk seterusnya diberikan kepada yang membutuhkan baik melalui rumah sakit maupun individu. Setiap kantong darah yang diedarkan dikenakan Biaya Penggantian Pengolahan Darah sebesar Rp 360.000 per bag sebagai biaya ganti untuk proses pengolahan darah hingga bisa digunakan pasien.

Bagi Anda yang kondisi tubuhnya fit, usia minimal 17 tahun, berat badan minimal 45 atau 50 kg, tidak sedang menstruasi, hamil, dan mengkonsumsi obat, disarankan untuk ikut donor darah. Menurut Dokter Eka, selain bisa membantu orang lain, donor darah penting bagi tubuh untuk pertukaran darah agar tubuh bisa lebih segar, minimal tiga bulan sekali. Setetes darah sejuta pengharapan.