Selalu Ada Jalan Untuk Jalan-jalan!

Browse By

Penulis & Foto: Aulia Adam

Mengatur liburan ternyata bukan perkara gampang bagi kebanyakan orang. Tak jarang, ketika sudah dapat waktu libur yang diidam-idamkan sejak lama, hasil dari liburan yang kita atur sendiri justru sama sekali tak sesuai harapan. Uang yang ditabung demi liburan impian pun, pada akhirnya harus diikhlaskan sia-sia.

Kebuntuan ini bisa disebabkan banyak faktor. Misalnya Anda mengidam-idamkan ke suatu tempat, let’s say Pulau Banyak atau Pulau Sabang nun terkenal keindahan alamnya itu. Tapi Anda memang sama sekali belum pernah ke sana dan cuma dengar cerita dari teman-teman. Cuma modal nekat tak jarang menimbulkan kekecewaan. Sebab tak tahu transportasi yang tepat, penginapan yang nyaman, atau tempat makan yang sesuai selera lidah Anda, liburan bisa berakhir hanya jadi kenangan buruk. Solusinya? Tak payahlah untuk sesekali memakai tour organizer berpengalaman untuk mengatur segala yang kita butuhkan untuk pergi berlibur.

Apa pentingnya tour organizer? Mereka memang hadir untuk fakir-fakir waktu macam kita yang terjebak jam kerja ataupun jam kuliah. Mulai dari jadwal yang tepat, penginapan ternyaman, makanan yang pas di mulut, hingga rute transportasi yang sesuai waktu kosong Anda akan diringkas mereka demi terwujudnya liburna impian Anda.

Salah satu tour organizer yang tengah tenar di Medan belakangan adalah Pinouva. Mereka sudah hadir selama dua tahun terakhir di Medan dan telah membawa lebih dari seribu orang untuk destinasi di Sumatera Utara dan Aceh. Memang, tour organizer yang satu ini adalah pegiat bisnis wisata yang fokus pada perjalanan liburan di Pulau Sumatera saja. Sebab mereka ingin lebih memomulerkan destinasi-destinasi wisata yang ada di Sumatera, yang sebenarnya tak kalah dengan destinasi wisata kelas dunia.

Pinouva sendiri dibangun dari mimpi empat anak asli Sumatera yang doyan melancong untuk berbagi pengalaman seru mereka menjelajahi tempat-tempat terdalam Sumatera yang belum dilirik sebagai tempat wisata. Mereka adalah Agif, Rendy, Ricky, dan Liana. Keempat founder Pinouva ini datang dari latar belakang berbeda, yang masing-masing menyatu menjadikan Pinouva sebuah tour organizer yang expert melahirkan perjalanan seru. Agif adalah seorang antropolog yang sudah habis mengelilingi Indonesia dalam prosesnya bekerja. Sementara Rendy adalah seorang Graphic Designer yang sudah sering sekali berkeliling nusantara bahkan mancanegara, sehingga sangat berpengalaman dalam menghadapi orang-orang lokal. Sedangkan Ricky adalah finance di sebuah hotel ternama yang pasti punya pengalaman baik untuk menentukan penginapan yang asyik di daerah wisata. Dan Liana adalah seorang mantan marketing yang juga merupakan pelancong yang sudah berpengalaman dalam bepergian ke mana-mana.

Tentu saja expertise dari keempat founder ini membuat kualitas Pinouva jadi tak diragukan lagi. Beberapa orang terkenal yang ingin mencicipi keindahan Sumatera dan tentu saja telah memakai jasa Pinouva, seperti Upi, Sutradara Film Realita Cinta Rock ‘n Roll berujar, “Trip ke Nias bareng Pinouva seru banget! Bertemu teman-teman baru sesama pejalan, buat trip Nias gue jadi semakin berkesan.”

Tak heran jika Pinouva terkenal sampai ke luar Sumatera. Sebab pelanggan Pinouva memang tak hanya datang dari dalam Sumatera Utara sendiri. Justru, banyak pelancong yang tertarik dengan keindahan Sumatera dan memilih Pinouva sebagai tour organizer mereka.

Selain alasannya adalah kenyamanan perjalanan yang didapatkan, Pinouva ternyata juga menawarkan kunikan sendiri yang jarang sekali kita temui pada tour organizer lain. Yakni, tawaran perjalanan liburan yang sustainable. Apa itu? “Sustainable di sini dimaksud sebagai keberlanjutan. Pinouva bekerja sama dengan mitra bisnis lokal dalam mempromosikan wisata yang berkelanjutan, bernilai lokal dan mengajak peserta berkontribusi dalam konservasi alam dan pemberdayaan masyarakat lokal di daerah tujuan wisata,” ungkap Agif.

Sehingga, selain turut berwisata ke daerah-daerah lokal yang masih asri, Anda sebagai pelancong yang menggunakan jasa Pinouva juga turut dalam pengupayaan pencerdasan penduduk lokal tentnag bagaimana cara merawat sekaligus menciptakan daerah wisata yang sehat. “Contoh kecilnya, dalam setiap perjalanan kita selalu sediakan yang namanya tong sampah Pinouva. Di mana, hal kecil ini jarang sekali disadari penduduk lokal apalagi pewisata asing yang datang dan suka membuang sampah sembarangan,” tambah Agif.

Pinouva, kata Agif, selalu membuat perjalanan yang mengutamakan kenyamanan pelancongnya tanpa menafikan kepentingan masyarakat lokal dan kelestarian daerah wisata yang dituju. Oleh karena itu, tawaran harga dari Pinouva memang selalu di atas rata-rata. Tour organizer ini tak takut tak punya pasar, demi mengampanyekan perjalanan liburan sustainable ini. Bahkan menurut Agif, Pinouva tetap punya pasarnya sendiri, mereka yang benar-benar ingin melakukan leisure untuk mencari leisure yang sesungguhnya.

Pinouva yakin, bahwa liburan yang sesungguhnya memang akan membuat kita sedikit merogoh kocek lebih dalam. Sebab, keindahan alam yang akan kita singgahi sebentar untuk numpang berlibur harus tetap dijaga, dan biaya untuk itu memang tak murah. Justru perjalanan-perjalanan murah adalah hal yang harusnya kita sangsikan sejak awal. Kenapa? Lantas apa bedanya perjalanan yang kita kemas sendiri dengan kemasan murah yang ditawarkan travel biasa? “Terlalu menekan budget juga akan berakhir mengecewakan biasanya,” ungkap Agif.

Tawaran paket perjalanan dari Pinouva benar-benar menggiurkan. Ada ke Sabang, Pulau Banyak, Sorake dan Lagundri di Nias Selatan, beberapa pulau terpencil di Sumbar dn tentu saja beberapa tur lokal Sumatera Utara seperti di Pusuk Buhit, Pulau Samosir. Yang paling terbaru adalah tawaran mengasingkan diri ke pulau-pulau tak berpenghuni di sekitaran Pulau Nias. Harga paket ini bisa Anda cermati di pinouva.com. Kisarannya mulai dari Rp 550 ribu hingga yang termahal Rp 3.750 ribu.

Jadi tunggu apa lagi? Nikmati liburan sesungguhnya seraya merawat budaya dan keindahan alam negeri ini. Jangan lagi takut untuk mengejawantahkan liburan impian Anda dengan tour organizer, seperti Pinouva, sebab seperti moto mereka, ingatlah bahwa: selalu ada jalan untuk jalan-jalan!