Selain Enak, Cemilan ini Baik untuk Kesehatan

Browse By

Penulis Tia Sri Rezeki

Cemilan, mungkin kata ini sudah terdengar tak asing lagi dalam keseharian, sebab masyarakat Indonesia cenderung lebih senang mengemil. Namun tentunya, harus diperhatikan terlebih dahulu apakah cemilan yang dikonsumsi sehat atau tidak.

Ada banyak makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Tentunya menjaga kesehatan tubuh menjadi faktor penting dan harus diprioritaskan. Sebab jika sudah mengelami penurunan kesehatan atau sakit, tentunya akan sangat menghambat aktivitas sehari-hari.

Kesehatan tubuh, terutama kesehatan otak harus benar-benar diperhatikan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan otak. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi ternyata dapat menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat.

Sumber : https://www.splendidtable.org

Namun, ada beberapa makanan yang harus diprioritaskan untuk tetap menjaga kesehatan otak. Jika anda adalah seseorang yang senang mengemil, tentunya anda harus memperhatikan cemilan yang anda konsumsi.

Berikut akan dijelaskan beberapa cemilan yang membantu menjaga kesehatan otak dilansir dari detik.com, diantaranya adalah kacang-kacangan. Secangkir kacang-kacangan ternyata mengandung 90 persen asupan folat, yakni vitamin yang bertanggung jawab untuk mengatur DNA dan memproduksi neurotransmitter seperti serotin, dopamine dan norepinephrine, yang dapat mengatur suasana hati. Selain itu, kacang-kacangan juga merupakan sumber magnesium yang dapat merangsang pertumbuhan otak serta mengendalikan gula darah.

 

Selanjutnya, Alpukat. Daging dari buah alpukat kaya akan lemak jenuh yang sehat membantu menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu, ternyata buah dengan kulit berwarna hijau ini juga mengandung fungsi kognitif.

Sumber : http://www.diasweethealthy.com

Kemudian Yogurt. Yogurt ternyata kaya probiotik yang tak hanya baik untuk usus tetapi juga untuk otak yang dapat mendukung fungsi otak. Tapi ingat tak semua yogurt yang dibuat di pasaran itu sama, ada baiknya anda memilih yogurt yang plain atau bebas gula.

Selanjutnya ikan salmon. Omega 3 yang terkandung di dalam ikan salmon membantu merangsang sel-sel otak. Selalin itu, ikan ini juga mampu untuk meningkatkan memori dan focus sehingga dapat menyerap informasi dengan baik. Tak hanya itu, ikan ini juga dapat membantu anda menghadapi depresi dan perasaan cemas.