Pemrovsu Gelar Pameran Buku Budaya Dan Teknologi

Browse By

Teks: M. Sahbainy Nasution & Diah Permatasari

Tari Si Kapur Sirih dari Sanggar Tari Cahaya Purnama, Deliserdang yang ciamik, menandakan acara Gelar Pameran Buku Budaya dan Teknologi yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemrovsu) melalui Dinas Perpustakaan resmi digelar, di halaman parkir perpustakaan Sumut, Jalan Brigjen Katamso, mulai dari tanggal 28 hingga 30 Agustus 2017.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemrovsu, Ferlin H. Nainggolan menjelaskan, acara ini bertujuan untuk memotivasi masyarakat terkhusus warga Sumut agar gemar dan cinta membaca buku, untuk meningkatkan ilmu pengetahuan. Setidaknya, ada 52 stan pameran yang tersedia, yang memamerkan buku penerbit, penggat atau komunitas buku, teknologi ilmu bintang, sejarah dan lainnya.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, buku merupakan jendela dunia. Tak mungkin, orang itu berkembang dalam ilmu pengetahuan jika tidak membaca. Perkembangan Negara juga ditentukan oleh kemajuan dan ilmu pengetahuan di suatu tempat tersebut,” ucapnya.

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Ery Nuradi mengatakan, gelar buku dan budaya ini adalah upaya yang strategis. Selain bisa untuk meningkatkan minat baca masyarakat, juga bisa memotivasi para penulis dan penerbit daerah untuk menciptakan karya tulis. Sehingga bisa turut mendukung Sumut sebagai provinsi literasi.

“Kota yang maju itu bisa dilihat dari 3 indikator. Transportasi, museum dan perpustakaannya. Jadi kita harapkan Sumut pun akan menjadi kota maju tersebut. Ditambah tanggal 20 Mei lalu Sumut sudah ditetapkan sebagai provinsi literasi,”ungkapnya.