Pemkab Deli Serdang bersama SWF Sepakati Bangun Pariwisata Bersama

Browse By

Penulis &  Foto | Parada Al Muqtadir

Dalam rangka memenuhi undangan, Founder Sumatera Women Foundation, Nova Zein berkunjung ke kantor Bupati Deli Serdang,”Sudah lama saya mendengar sepak terjang ibu, akhirnya bisa bertemu,” sambut hangat Ashari Tambunan orang nomor satu di Deli Serdang.

Berawal dari niat baik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang yang ingin membenahi pariwisatanya, Sumatera Women Foundation pun menjawab tantangan itu dengan menawarkan win win solution lewat program Tourism Micro Funding.

“Lewat program pinjaman tunai kepada pelaku usaha pariwisata kecil, saya yakin itu akan membantu para pengusaha kecil untuk mengembangkan apa yang sudah ia rintis sejak lama, terutama pada daerah Bagan Percut Sei Tuan,” ucap Nova Zein.

Dengan senyum sederhana, Bupati Deli Serdang yang sudah dipenghujung masa jabatanya pun mengaku menyesal, sebab sempat pesimis akan pariwisata yang ada,

“Awalnya saya bilang pada  Kepala Dinas Pariwisata Deli Serdang, jangan berharap banyak akan pariwisata kita saat ini, mau menonjolkan pantai kita lihat saja keadaan pantai kita, mau menjual wisata Danau Linting, Sumut sudah punya Danau Toba, tapi belakangan saya sadar andai kekayaan alam yang ada sedikit dipoles maka bisa jadi wisata unggulan,” tambah Ashari.

Saat ini, kabupaten yang punya 1001 cerita legenda ini tengah berbenah, memoles surgaloka yang ada, salah satunya kawasan wisata Bagan Percut yang memang saban minggu selalu ramai disesaki pengunjung guna menikmati segarnya sajian laut berteman dengan angin sepoi-sepoi.

“Kita akan melakukan pelebaran jalan di sana, dan juga membangun kawasan ekowisata hutan manggrove, dimana pengunjung bisa berjalan menapaki hutan manggrove sembari mengetahui jenis-jenisnya, dan bila ingin membawa pulang oleh oleh kami juga tengah menggalakan batik dari bahan manggrove,” ucap Faisal Arif Nasution selaku Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Deli Serdang.

Untuk itu, dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dan Sumatera Tourism Trade Development (STTD) yang juga bagian dari Sumatera Women Foundation akan berkesinambungan untuk memperindah Deli Serdang.

Untuk diketahui, STTD ini sudah berhasil menyebar virus ‘pantai dekorasi’ di seluruh Indonesia dengan pilot project nya Pantai Romantis pada tahun 2013 di serdang bedagai dan berhasil membuat semua pantai di kawasan pantai timur kian berbenah dan berlomba-lomba bersaing pada bidang pariwisata. Bukan itu saja, 67 project pariwisata tersebar di Indonesia menjadi pilot project STTD untuk pengembangan pariwisata kecil yang dapat membantu ekonomi kerakyatan.

Related Post