PELINDO 1 RAIH GOLDEN TROPHY ‘INFOBANK BUMN AWARD 2016’

Browse By

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 kembali meraih apresiasi atas kinerjanya melalui penghargaan ‘Infobank BUMN Award 2016’ dari Biro Riset Infobank atas kinerja keuangan perseroan, yang memperoleh penilaian predikat ‘Sangat Bagus’.  Penghargaan tahun ini lebih spesial, dimana Pelindo 1 juga mendapatkan Golden Tropy karena secara berturut-turut selama 5 tahun memperoleh predikat ‘Sangat Bagus’.

Pelindo 1 berhasil meraih peringkat ke-7 dari 122 perusahaan BUMN yang di rating oleh Biro Riset Infobank, peringkat ini naik dari tahun sebelumnya, dimana Pelindo 1 memperoleh peringkat ke-8 pada tahun 2015.  Penghargaan ini diterima oleh Direktur Keuangan  Pelindo 1, Farid Luthfi pada acara Penganugerahan ‘Infobank BUMN Award 2016’ di Jakarta, Kamis, 20 Oktober 2016.

Kriteria penilaian riset Infobank terhadap 122 BUMN tersebut, secara garis besar terdiri atas dua hal, yaitu Pertumbuhan dan Rasio Penting. Untuk Pertumbuhan, yang dinilai adalah aset, ekuitas, pendapatan usaha dan laba tahun berjalan, sedangkan untuk Rasio Penting  yang dinilai adalah rasio aktiva lancar terhadap kewajiban jangka pendek, rasio kewajiban terhadap total aset, rasio kewajiban terhadap ekuitas, rasio biaya operasional terhadap pendapatan operasional, dan rasio rentabilitas.

Biro Riset Infobank mencatat bahwa Pelindo 1 berhasil menorehkan kinerja yang bagus pada akhir tahun 2015. Semua indikator keuangan tumbuh positif. Pelindo 1 berhasil meningkatkan pendapatan usahanya pada 2015 sebesar 11,70 % menjadi Rp.2,34 triliun dari Rp2,09 Triliun pada 2014. Kepiawaian manajemen menekan biaya operasional membuat Pelindo 1 mampu meningkatkan laba tahun berjalan pada 2015 sebesar 19,39% dari 586,60 miliar menjadi Rp700,37 miliar.

Ada beberapa tahapan dalam penilaian rating BUMN ini, yaitu pertama mengumpulkan laporan keuangan tiap BUMN,  kedua menetapkan kriteria serta bobot yang disesuaikan dengan standar yang berlaku dan standar rata-rata industri, ketiga mengolah data dan memberi predikat.

Pelaksana Harian ACS Humas Pelindo 1, Rafika Aulia mengatakan Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja Pelindo 1 yang semakin meningkat, dan berharap penghargaan ini mampu mendorong performa kinerja korporasi menjadi semakin baik lagi. “Penghargaan ini menunjukkan pengakuan positif terhadap kinerja Pelindo 1 khususnya dibidang keuangan, dan sejalan dengan program Tranformasi Pelindo 1 yang menuju kepada kepada perusahaan global company yang mempunyai daya saing nasional dan internasional.,” ujar Rafika.

Related Post