PAMERAN AKSIS 2017 DI LAPANGAN MERDEKA

Browse By

Pameran Aksi Konservasi Hutan Tropis Sumatera, disingkat AKSIS, berlangsung selama tiga hari di Lapangan Merdeka Medan. Mulai dari tanggal 20 hingga 22 November 2017, kegiatan ini terselenggara dengan maksud untuk mempublikasikan keberhasilan yang dicapai oleh pegiat konservasi di pulau Sumatera, mulai dari Aceh sampai ke Lampung.

Masrizal Saraan, selaku ketua panitia TFCA Sumatera, menyampaikan, “Sederhana saja, kami ingin memberitahu masyarakat bahwa TFCA sudah punya keberhasilan di lapangan. Dan kami ingin lewat kegiatan ini masyarakat diedukasi kembali tentang pentingnya menjaga lingkungan, termasuk hutan. Karena hutan tidak hanya bicara soal kayu tapi menyangkut kesejahteraan masyarakat.

Perlu diketahui, TFCA (debt-for-nature) merupakan sebuah program kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat, terkait pengalihan hutang sebesar 30 juta  US Dollar yang dialokasikan dalam bentuk kegiatan pelestarian hutan di Indonesia. Kerjasama ini katanya sudah berlangsung lebih dari 7 tahun dan telah terlibat untuk mengimplementasikan program penguatan kebijakan pengelolaan kawasan, program perlindungan dan pengamanan kawasan, program penyelamatan spesies kunci serta program pengelolaan hutan berbasis masyarakat.

Ini adalah event kedua, setelah Jambi, yang menargetkan 10 ribu pengunjung. Masyarakat bisa mengunjungi 40 stan yang disediakan guna mengetahui ragam aksi konservasi hutan. Seperti  patroli hutan bersama masyarakat yang dulunya adalah pemburu satwa, ada juga lembaga yang setia menanam pohon di areal yang rusak, serta pendorong kebijakan seperti hutan desa, dan lainnya.

“Secara keseluruhan, ada sekitar 54 projek yang sudah dikerjakan oleh 70 lebih lembaga, termasuk NGO dalam rangka konservasi hutan Tropis di Sumatera, yang semuanya bisa ditanyai di masing-masing stan,” jelas Masrizal lagi.

Acara ini dikemas lebih menarik dengan berbagai seminar, talkshow, aksi menanam pohon, pelatihan terkait menjaga lingkungan, serta aksi nge-brew kopi di hari terakhir.  Selain oleh para mitra TFCA-Sumatera, kegiatan ini akan dihadiri oleh masyarakat umum, perwakilan Kementerian LHK dan UPT di daerah, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, pelaku usaha kehutanan, eksportir hasil bumi, industri bidang pengolahan hasil bumi, lembaga keuangan/perbankan, dan lain-lainnya. (Resta)