November, MUS Akan Luncurkan Sertifikasi Uang Kuno

Browse By

Teks | Foto : M. Sabainy Nasution

Kabar gembira bagi kolektor uang kuno, pasalnya Museum Uang Sumatera (MUS) akan meluncurkan sertifikasi uang kuno pada bulan November mendatang. Hal ini bertujuan untuk menghindari pemalsuan dan juga sebagai bentuk
rasa aman kepada kolektor untuk membeli uang lama tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Museum Uang Sumatera (MUS), Saparudin Barus, kepada tim Kover magazine, Rabu, (5/7) di Gedung Juang 45, jalan Pemuda. “Jika tak ada kendala, MUS akan membuat bazar untuk memperkenalkan baik kepada masyarakat maupun wisatawan secara lebih luas tentang museum ini, sekaligus untuk meluncurkan sertifkasi uang kuno tersebut,”katanya.

Menyangkut kepada sertifikasi uang, selain membuat rasa aman bagi kolektor, Saparudin mengatakan, tujuan lainnya adalah agar uang kuno ini memiliki nilai yang lebih tinggi. Mengingat, kolektor uang keluaran dari pemerintah Indonesia pada zaman penjajahan atau sebelumnya, sangat diburu oleh kolektor dari luar negeri seperti, Malayasia, Singapura, Prancis, Belanda dan lainnya.

“Jika ada sertifikasi kepunyaan kolektor, pasti para pembeli uang kuno akan lebih percaya dan tak segan-segan untuk mengeluarkan uang untuk membeli barang yang berharga tersebut. Sebab, selama ini tak sedikit para kolektor tertuma yang berasal dari luar negeri tertipu,” ucapnya.

Untuk itu, MUS akan mempercepat dalam meluncurkan sertifikasi tersebut dengan cara membentuk tim ahli. “Kami sudah mempersiapkan tim yang terdiri dari penggiat uang kuno, kolektor maupun ahli sejarah uang kuno tersebut. Dari situ, tim akan melihat asli atau tidak uang kuno tersebut sesuai percetakan,” ucapnya.

Saparudin menambahkan, cara mendaftar agar mendapatkan sertifikasi uang tersebut, mudah, hanya datang saja ke MUS tersebut. Di sana nantinya, tim akan mengecek bukti-bukti autentik dari uang yang dimiliki oleh para kolektor tersebut. “Dipastikan, uang yang kami cek tersebut akan
dilaporkan apakah uang itu kuno atau percekatan sekarang,” ucapnya.

Related Post