Mousse Sensation

Browse By

Penulis Parada Muqtadir Siregar dan Mutia Aisa Rahmi | Foto: Andru Kosti dan Parada Muqtadir Siregar

Penggemar cake tentu tidak akan menolak sensasi rasa dari si manis mousse cake. Cake satu ini memang menggoda, teksturnya begitu lembut dan lumer di gigitan pertama. Kenikmatan itu pun bersanding dengan manisnya yang legit. Walau dikategorikan dessert tapi banyak yang menempatkanya pada menu utama untuk menghilangkan rasa lapar.

Menurut sebuah buku ensiklopedia kuliner Larousse Gastronomique, mousse dapat ditafsirkan sebagai sajian yang diproses hingga memiliki tekstur lembut berongga, diaduk dengan cara  aduk lipat (folding), kemudian dicetak. Sepotong mousse biasanya disajikan dingin.

Prancis sebagai negara asal, menawarkan mousse layaknya sebuah ‘hadiah’ diakhir santapan. Kota Medan juga memiliki beberapa cake shop yang menyajikan berbagai pilihan mousse cake yang lezat. Kali ini KOVER Magazine menyajikan beberapa pilihan cake & pastry bila Anda penasaran mencicipinya.

 

OO Pastries

Dengan misi untuk menyediakan berbagai cake yang menggiurkan, OO Pastry  hadir dengan kue-kue yang dibuat dengan menggabungkan tradisi  keaslian Prancis dan Amerika. Terhitung sudah setahun juga usia cafe & patisire yang beralamat di jalan Letjen S. Parman No 308 ini beroperasi.

Japanese Cheese Cake dan Jupiter Cake menjadi pilihan cake yang paling banyak diminati. Bila Anda menikmati sepotong Jupiter, maka jangan heran sensasi dingin akan menyeruak di mulut, sebab kue satu ini lebih nikmat bila disajikan sampai beku, karena memang teksturnya tak ubahnya ice cream yang berbalut cokelat.

Sedangkan si gurih Cheese Cake juga punya menyajikan cita rasa yang berbeda. Dibuat secara manual, sehingga rasa keju dan lemonnya begitu terasa dalam sekali gigit.

 

Cabrita Patisserie & Bakery

Dimbil dari bahasa Spanyol yang berarti kambing kecil, itu lah arti dari Cabrita. Lantas Anda akan bertanya apa hubungan Patisserie & Bakery yang terletak di jalan A.H. Nasution No. 102 dengan kambing? Usut punya usut, tempat ini ternyata punya peternakan kambing sendiri, yang selanjutnya mereka pun memproduksi susu kambing segar sendiri.

Kembali ke aneka kue nya, jika bertandang kemari jangan pernah lewatkan Cheese Cake Mix Fruit nya, karena itu yang paling banyak diminati pengunjung. Dengan harga Rp 35.000 per potongnya, Anda sudah bisa menikmati kue dengan citarasa keju yang kuat, ditaburi topping buah segar macam kiwi, strawberry dan blueberry jam.

Kalau sedang merayakan ulang tahun atau pun acara tertentu, bolehlah melirik si Hold Cake Vanilla Crunch. Vanilla Mousse di dalam, lalu dibalut dengan cokelat putih, hingga pada bagian akhirnya ditambah crunch yang gurih. Untuk seporsinya bisa Anda nikmati seharga Rp 250.000.

 

Aiyuku Patiserie

Tengah memasuki usia kedua, Aiyuku Patiserie pun mulai mengeluarkan varian barunya, macam cute cake-nya. Bentuknya yang cantik, bisa saja membuat Anda enggan untuk memotongnya bahkan menyantapnya. Sebab cake satu ini memang intagramable.

Untuk saat ini, ada tiga varian yang bisa Anda nikmati, mulai dari Coffee Jelly, Avocado dan Chocó CrunchCoffee Jelly Mousse dibuat asli dari biji kopi yang direndam selama satu malam, lalu dijadikan mousse dengan layer jelly dengan rasa coffee.

Jika Anda punya keinginan akan bentuk suatu cake, maka di sini ada juga fasilitas costum cake, sesuai selera Anda dengan harga mulai dari Rp 270.000 sampai Rp 300.000. Namun bila ingin sesuatu yang segar dan nikmat, tak salah untuk memilih Avocado Mille Crepes, Oreo Mille Crepes atau Blueberry Mille Crepes.

 

Jl’s Patissierie

(Jalan S. Parman, Komplek The Crown no. 16-17, Medan)

Jl’s Patissieri hadir sebagai pilihan untuk Anda yang mencari kualitas cake terbaik. Avocado Mousse Cake dari cake shop yang terletak di jalan S.Parman Komplek The Crown No.16-17 Medan ini, merupakan pilihan cake best seller. Avocado Mousse terbuat dari alpukat segar tanpa  pemanis tambahan ataupun pewarna buatan, menghasilkan mousse yang lembut dan rasa alpukat yang kuat dan segar. Dipadukan dengan chocolate sponge cake lembut yang kualitasnya juga dijamin dengan bahan dasar terbaik.

Jika Anda hanya ingin menyicipi satu slice cake saja, Jl’s Patisseri juga menyediakan berbagai varian cake, mulai dari macaroon hingga durian cake. Sajian cake ini bisa Anda dapatkan mulai dari harga Rp 25.000 hingga Rp 35.000. Atau jika Anda ingin membeli untuk keluarga ataupun menjadikannya sebagai kue perayaan ulang tahun, Anda dapat memperoleh berbagai jenis cake tersebut dengan harga Rp 285.000 hingga Rp 300.000-an untuk ukuran full size.

Selain itu Jl’s Patissierie juga bisa membuat berbagai customized cake, mulai dari cup cakes hingga cake dengan ukuran full size, sesuai dengan keinginan Anda.

 

The  Harvest

Rasanya tak pernah ada kata tak terpuaskan bila bicara tentang toko kue bergaya Eropa satu ini.  Terhitung sudah ada 29 cabang di seluruh Indonesia. Untuk outlet yang ada di  Medan, The Harvest punya Triple Cokelat Cake sebagai best seller-nya. Perpaduan cokelat mousse dengan crispy ball lalu ditutup dengan milk cokelat, membuatnya nikmat pada gigitan pertama.

Tak hanya itu, Vanila Fruit Cake yang segar juga tak kalah menggiurkannya. Berbahan utama vanilla white sponge cake, lalu dilapisi dengan simple syrup, kemudian ditaburi

yang telah dibakar sebelumnya, setelah itu barulah ditutup dengan toping buah-buahan segar. Untuk pemilihan buahnya pun tak sembarang, karena hanya meliputi black currant, kiwi, jeruk mandarin, strawberry, anggur dan buah naga putih. Mulai tergiur, langsung saja melipir ke Jalan Cipto No. 8 Medan. Untuk ukuran slice dijual seharga Rp 33.000.