Mata Ni Horja, Puncak Acara Adat Bobby dan Kahiyang Ayu

Browse By

Medan – Iringan alunan gondang sambut  rombongan Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) saat tiba di Kediaman Orang Tua Muhammad Bobby Afif Nasution. Satu persatu tetamu dibawa dengan golf car (mobil penjemput) dan disambut dengan acara adat oleh suhut (pemilik acara) dan anak boru di pintu gerbang dengan tor-tor mundur.

Kemudian Presiden berjalan jalan didampingi istrinya, Ibu Iriana, putranya Gibran Rakabuming berjalan di belakangnya. Mereka berjalan sekira 50 meter menuju gelanggang tempat acara untuk mengikuti Mata Ni Horja rangkaian Ngunduh Mantu Bobby-Kahiyang Ayu.

Presiden pun tampak gagah mengenakan jas biru tua dan kemeja putih lengkap dengan sarung ulos di pinggang. Sementara Ibu Iriana tampak ayu dengan kebaya merah dan kain songket, Gibran sendiri terlihat mengenakan jas abu-abu. Mereka dipayungi payung bernuansa kuning keemasan, menuju tempat hajatan.

Sampai di tempat acara, Bapak Jokowi dan Ibu Iriana diulosi dengan ulos panggobak ni tondi. Ulos adalah sehelai kain yang ditenun khusus dan bersifat magis religious, diberikan kepada tamu yang dihormati dengan harapan yang bersangkutan tetap tegar dan terhindar dari mara bahaya. Setelah pemberian ulos kepada Bapak Jokowi beserta Ibu Iriana kemudian dilanjutkan dengan manortor. Bapak Jokowi diayapi oleh raja-raja adat.

Dalam rombongan itu juga ada keluarga dari Solo, dan para pejabat. Diantaranya, Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, Wakil Wali Kota, Akhyar Nasution, Menko Kemaritiman, Luhut Pandjaitan, Mantan Bupati Langkat, Syamsul Arifin, dan lainnya.

Related Post