Lazada Luncurkan Strategi Dorong UMKM

Browse By

Teks dan Foto: M. Sahbainy Nasution

Setelah sukses menyelenggarakan ajang Online Revolution yang mengguncang semesta dengan memecahkan sejumlah rekor tahun 2016, kemarin, Lazada hadir menyapa kota Medan dengan mengadakan dua buah kegiatan untuk pemangku kepentingan Lazada di kota Medan, yaitu lokakarya seller dan acara Jumpa Pers di hari yang sama.

Pada tanggal 11 November, permulaan Online Revolution, Lazada Indonesia mencatat rekor terbaru. Ini menjadi momen penting penanda dimulainya bulan Online Revolution yang akan berlangsung hingga Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) di 12 Desember (12.12) nanti.

Haikal Bekti Anggoro, Head of Digital Marketing selaku Lazada Indonesia mengatakan, ajang Online Revolution adalah fase pemanasan yang puncaknya nanti saat Harbolnas tanggal 12 Desember. Khusus, bagi Lazada hingga 14 Desember.

“Setelah kenaikan Gross Merchandise Value (GMV) hampir 7x lipat bila dibandingkan dengan hari biasa tanpa kampanye, kami optimis tahun 2017 akan menjadi tahun Harbolnas terbaik bagi seller dan konsumen Lazada. Oleh karena itu, seluruh manajemen Lazada Indonesia tengah melakukan sejumlah persiapan dan strategi khusus bagi seluruh seller kami, termasuk UKM,”terangnya.

Sambung Haikal, agar dapat memanfaatkan momentum ini, guna menggembangkan bisnisnya dan memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman dan menyenangkan bagi konsumen di seluruh Indonesia. “Salah satu upaya yang dilakukan oleh manajemen Lazada adalah dengan bekerjasama secara strategis dengan penyedia fasilitas logistik setempat di Makassar untuk mempermudah akses distribusi dari dan ke Indonesia bagian tengah dan timur,”ucapnya.

Selain itu, Lazada juga tengah menggencarkan kinerja fasilitas gudang di kota Medan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pelayanan distribusi tepat waktudari seller kepada konsumen Lazada, terutama di kawasan Sumatera. Dari sisi pemberdayaan UMKM di Medan dan sekitarnya, Lazada telah menyelenggarakan sesi lokakarya bagi para anggota komunitas Lazada Club Medan yang terdiri dari para UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) pemilik toko virtual di situs Lazada.co.id.

“Untuk secara komprehensif membantu para wirausahawan mempersiapkan diri untuk mengantisipasi lonjakan pemesanan produk dari konsumen yang lebih besar lagi saat Harbolnas,”kata Haikal.

Lazada juga akan memperkenalkan program bertajuk Bulan Jualan Online Nasional(BUJONAS) selama bulan Desember, untuk mendorong lebih banyak seller agar bergabung dengan ranah digital dan berdagang secara online. “Dengan semakin banyaknya pedagang online maka semakin kaya pula pilihan barang untuk konsumen di seluruh Indonesia,”ucapnya.

“Customer service adalah salah satu kriteria kunci keberhasilan sebuah usaha di ranah digital. Sangat penting bagi para seller untuk memiliki daya saing dalam setiap aspek bisnis, salah satunya adalah dalam pelayanan pelanggan yang terpadu dan berkelanjutan. Dengan inovasi terbaru di Lazada, kini sistem kami mampu menampung sebanyak 90 juta pesanan perhari.

“Selain itu, Lazada juga memiliki fitur dan fasilitas Cash on Delivery dan Gratis OnKir ke seluruh Indonesia dengan pembelian dan dengan jumlah serta nominal tertentu, sehingga pengalaman berbelanja online di Lazada semakin nyaman dan menyenangkan bagi seller maupun konsumen,” tutup Haikal.

Sementara Syahrial Affandi, Lazada Seller sebagai City Leader Medan menyampaikan, Online Revolution dan Harbolnas merupakan kesempatan yang baik bagi seller, termasuk pelaku UMKM untuk memperkenalkan produk dan meningkatkan jumlah penjualan. Saat 11.11 kemarin, dia merasakan sendiri, peningkatan jumlah order yang saya dapat naik berkali-kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.

“Menurut saya, kunci keberhasilan terletak pada ketersediaan produk, penawaran harga yang menarik dan respon yang cepat atas pertanyaan konsumen. Jika konsumen puas mereka akan kembali berbelanja produk kita meskipun kampanye sudah usai”ucapnya.