Kirab Bobby-Kahiyang Ayu, Disambut Antusiasme Ribuan Warga Medan

Browse By

Tujuh Kereta kuda sudah bersiaga sejak pagi (26/11), menanti sang punya hajatan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu Siregar,  Usai seluruh rangkaian Mata Ni Horja atau puncak pesta adat prosesi yang dilaksanakan pada hari Sabtu (25/11), acara pun dilanjutkan dengan resepsi di Kompleks Taman Setia Budi Indah I Bukit Hijau Regency, Medan.

Acara resepi ini diawali dengan kirab kereta berkuda yang akan membawa Bobby-Kahiyang beserta keluarganya. Urutan kirab diawali dengan patwal, kemudian barisan 40 wanita berpakaian adat Sumatera Utara, lalu disusul dengan kereta yang ditarik masing-masing oleh sepasang kuda, selanjutnya diikuti kendaraan pemusik Mandailing, 18 andong yang membawa peserta kirab, 25 kendaraan pemusik Melayu, dan 50 becak motor (bentor) untuk relawan.

Untuk diketahui, Kirab adalah perjalanan bersama-sama atau beriring-iring secara teratur dan berurutan dari muka ke belakang dalam suatu rangkaian upacara (adat, keagamaan, dan sebagainya).

Presiden Joko Widodo tampak gagah mengenakan pakaian atasan jas tertutup warna hitam, kain ulos yang menutupi pinggang hingga paha, dan celana panjang warna hitam. Peci warna hitam menyertai sebagai penutup kepala Presiden. Sementara itu, Ibu Iriana mengenakan baju kebaya warna hijau lengkap dengan kerudung berwarna senada sebagai penutup kepala.

Di sela prosesi kirab tersebut, Presiden Jokowi membagi-bagikan suvenir ke warga Medan yang menyaksikan arak-arakan di  jalan. Sekitar 200 anak dari 18 sekolah dasar negeri dan swasta memakai pakaian adat dari berbagai etnik di Sumatera Utara juga terlihat antusias untuk menyambut rombongan kirab pengantin.