Kemenkeu Mengajar

Browse By

Teks I Foto: M.Sahbainy Nasution

Sukses tahun kemarin, kini Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) kembali mengadakan Kemenkeu Mengajar (KM) ditingkat sekolah dasar yang tersebar di 51 daerah. KM bertujuan sebagai sarana untuk memperkenalkan anak sejak dini, tentang instansi yang dipegang oleh Menteri Sri Mulyani ini.

“Program KM ini merupakan yang kedua kali dilakukan. Kami ingin memperkenalkan sejak dini kepada siswa dan siswi kita, bahwasanya Kemenkeu merupakan bagian dari instansi negara  yang memiliki peran dan tugas yang penting,” terang Kakanwil Direktorat Bea Cukai Sumut, Oza Olavia.

Sambung Oza,  adapun sekolah yang akan diberikan program KM yang sama, diantaranya SDN 060831, 060887 dan 060888. Bentuk kegiatan yang dikerjakan seperti upacara bersama, menampilkan atraksi  anjing pelacak dan mengajar khususnya tentang cara kerja Kemenkeu terkait cara mendapatkan uang, mengelola uang dan lainnya. 

Anak murid dan pihak sekolah terlihat antusias melihat anjing pelacak itu karena mereka bisa mengetahui tugas anjing pelacak yang mencari dengan lihainya barang-barang terlarang seperti, narkoba di kantung celana diantara petugas-petugas tersebut. Oza menegaskan, walaupun ini merupakan program resmi dari Kemenkeu, namun tak ada anggaran yang ditujukan di agenda kerja ini. Semuanya merupakan dana pribadi dari para karyawan maupun pejabat yang berada dijajaran Kemenkeu.

Kepala Sekolah (Kepsek) 060831, Enni Wati mengaku, sangat senang adanya program Kemenkeu Mengajar di tempatnya. “Kami sangat senang atas kedatangan pegawai Kemenkeu untuk datang ke tempat ini mengajar. Adanya program ini, akan menambah ilmu kepada siswa kami, yang kedepannya bisa menjadi semangat belajar anak murid untuk menggapai cita-cita yang dimiliki,” ucapnya.  Enni pun berharap, ke depannya program ini bisa terus dilanjutkan.