Excelso Cafe Gelar Coffee Class

Browse By

Sebagai negara penghasil kopi terbaik, Indonesia memang tidak pernah kehilangan pamor dalam mencipta nikmat di secangkir kopi. Tidak jarang, banyak orang berbondong untuk memburu kopi hingga menempuh perjalanan yang jauh ke Indonesia. Berbicara tentang kopi, Sumatera salah satu yang menjadi penghasil kopi terbaik di nusantara. Medan juga turut masuk dalam hitungan ini. Beberapa nama daerah yang sudah teruji cita rasa kopinya, seperti Lintong, Karo, Sidikalang, dan Sipirok pun laris hingga di luar negara.

Dalam secangkir kopi yang nikmat, dibutuhkan proses panjang yang selama ini hanya diketahui oleh para barista saja. Akan tetapi, semakin maju perkembangan manusia, kini banyak sekali edukasi bagi masyarakat tentang proses peracikan kopi yang benar. Salah satunya dilakukan oleh Excelso Café, Kamis (18/05), tepatnya pukul 11.00 WIB di Cambridge City Square.

Sekitar 30 orang hadir memenuhi ruangan Excelso dalam kegiatan bertajuk Coffee Class tersebut. Selain pengetahuan tentang cara membuat kopi yang benar, juga dibekali tentang sejarah dan jenis-jenis kopi yang ada di Indonesia. Selain itu juga ada cara mengidentifikasi kopi dari aroma, tingkat keasaman, serta tekstur nya.

“Saat ini kopi menjadi salah satu yang tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat, khususnya di Kota Medan. Kita sering menikmati kopi tanpa tahu proses dan apapun tentang kopi itu sendiri. Kami, excelso yang pasti menyajikan kopi terbaik yang akan memberi kepausan bagi para penikmat kopi, selain itu kami juga ingin memberikan edukasi kepada pelanggan setia kami tentang proses pembuatan kopi itu sendiri,” tutur Jonpiter Manik, Area Supervisor Excelso.

Kegiatan tersebut juga menyertakan berbagai kuis dan kompetisi foto instagram yang menambah keseruan saat berlangsung. Dijelaskan, dalam proses pembuatan kopi ada beberapa tahap, diantaranya penggilingan, perebusan air, penyeduhan kopi, dan penyaringan kopi. Jika kopi memiliki busa yang cukup banyak saat disajikan, maka bisa dipastikan bahwa tingkat kekentalan kopi tersebut tinggi. (Elsa)