Dear Wanita, Waspadai Ciri Kanker Payudara Berikut

Browse By

Kejadian kanker payudara di Indonesia mencapai sekitar 40 kasus setiap 100.000 penduduk pada tahun 2012, menurut data di organisasi kesehatan dunia (WHO). Dibandingkan dengan negara tetangga kita, Malaysia, kanker payudara di Indonesia lebih banyak diderita oleh wanita usia muda dan pada tahap yang lebih lanjut.

Ciri ciri kanker payudara yang paling umum adalah adanya/timbulnya benjolan di sekitar payudara, bisa kecil, sedang, atau besar, dapat pula terasa mengganggu atau tidak. Ada pun, selain benjolan, terdapat beberapa ciri lain yang harus diwaspadai bagi para wanita, terkait kanker payudara.

  1. Munculnya Benjolan di Sekitar Payudara

Benjolan di sekitar payudara merupakan salah satu ciri atau tanda paling awal yang harus diperhatikan. Sebagian wanita memiliki benjolan di daerah ketiak atau sekitar payudara sebagai tanda awal mereka telah terkena kanker payudara stadium awal. Walau tidak 100 % benjolan ini menandakan bahwa Anda terkena kanker, namun setidaknya Anda harus waspada, mulai dari yang terasa kecil atau yang sudah mengganggu, sebaiknya langsung berkonsultasi ke dokter terkait. Untuk membedakan mana benjolan yang kemungkinan besar adalah kanker payudara dan mana yang tidak, berikut adalah beberapa karakteristiknya.

ciri-ciri-kanker-payudara-benjolan

Tanda Benjolan Yang Kemungkinan Kanker

  • Benjolan terasa keras
  • Benjolan ini tidak diskrit; tidak mudah dibedakan
  • Benjolan tetap di payudara; tidak bergerak
  • Hanya ada satu benjolan
  • Tidak ada benjolan yang sama di payudara sebelahnya
  • Kulit payudara berlesung pipit
  • Benjolan disertai dengan keluarnya cairan

Benjolan Yang Kemungkinan Kecil Menjadi Kanker

  • Benjolan lunak
  • Benjolan diskrit; mudah dibedakan
  • Benjolan bergerak di payudara
  • Ada beberapa benjolan payudara
  • Ada benjolan di payudara sebelahnya.
  • Benjolan menghilang setelah siklus menstruasi
  1. Perubahan Ukuran dan Bentuk Payudara

ciri-ciri-kanker-payudara-bentuk-dan-ukuran

Jika Anda melihat ada keanehan dalam salah satu bentuk payudara Anda, maka Anda harus mulai waspada, karena ini merupakan tanda umum kedua yang paling sering terjadi. Tidak hanya bentuk, ukuran payudara juga menjadi tanda yang umum. Misalnya, dari yang sebelumnya besar, dengan ukuran 34 hanya menjadi 32 (contoh dalam ukuran bra ). Lalu dari yang sebelumnya mancung, sekarang menjadi terkulai ke bawah.

 

 

3.      Terdapat Kerutan di Sekitar Payudara

ciri-ciri-kanker-payudara-kerutan-di-payudara

Kerutan biasanya dialami oleh orang yang sudah tua, namun tidak halnya jika Anda mengalami atau terkena gejala awal kanker payudara, kerutan mungkin saja terdapat di bagian tertentu di payudara Anda. Kulit payudara normal tidak memiliki kerutan, cenderung halus dan permukaan yang rata (kecuali di daerah puting). Kerutan tanda kanker payudara ini dapat Anda rasakan dengan tangan dimana letak perbedaannya, permukan kasar dan spesifik di daerah tertentu pada kulit payudara. Biasanya kerutan ini akan berwarna sedikit hitam dan tidak terlalu besar lingkupnya.

 

 

  1. Keluarnya Cairan Dari Puting Secara Tiba Tiba

ciri-ciri-kanker-payudara-keluar-cairan-dari-puting

Ketika tanpa sebab yang jelas (tidak sedang menyusui) tiba tiba keluar cairan dari puting, maka ini adalah salah satu gejala kanker payudara. Cairan yang keluar dari puting ini dapat berwarna putih dan bening, agak kental atau encer. Jika puting mengeluarkan cairan coklat atau bahkan berupa cairan berwarna merah darah, ini sudah tahap kronis dimana anda harus segera berkonsultasi ke dokter. Kemungkinan besar anda mengalami gejala awal kanker payudara. Namun secara garis besar, apapun cairan yang keluar dari puting tanpa sebab yang jelas sebaiknya, segeralah lakukan pemeriksaan secara medis.

 

 

  1. Nyeri Tidak Kunjung Hilang Di Bagian Tertentu Payudara

ciri-ciri-kanker-payudara-nyeri

 

Payudara mungkin saja terasa nyeri ketika mengalami menstruasi ataupun ketika sedang hamil. Namun tentu rasa nyeri tersebut dapat hilang seiring dengan selesainya siklus yang dilalui.

Namun jika nyeri tersebut tidak kunjung hilang coba teliti lagi apakah bagian yang nyeri tersebut terletak pada posisi yang sama atau tidak. Jika pada bagian yang sama maka akan semakin besar kemungkinan bahwa itu merupakan gejala kanker payudara yang harus diwaspadai.

 

  1. Payudara Nampak Kemerahan dan Bengkak

ciri-ciri-kanker-payudara-kemerahan-bengkak

Jika Anda mengalami perubahan drastis dari warna kulit sekitar payudara seperti memerah, bengkak, atau terlihat gelap di salah satu sisi dan bagian tertentu pada payudara anda, maka sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter spesialis terkait. Amati kulit sekitar payudara, lihat apakah ada warna aneh di bagian bawah, atas, atau samping. Tanda merah ini biasanya akan membawa kehangatan jika disentuh. Seperti orang pada saat demam, namun hanya pada daerah tersebut saja. Selain benjolan, ada juga bengkak yang lunak, tidak seperti benjolan yang keras, bengkak ini cenderung lebih lunak.

 

 

  1. Puting Masuk Ke Dalam

ciri-ciri-kanker-payudara-puting-masuk-ke-dalam

 

Puting susu biasanya akan timbul, kalau pun sedang mengecil setidaknya akan sejajar dengan kulit. Namun keanehan harus Anda perhatikan ketika ia telah menukik ke dalam dan tidak sewajarnya. Tidak hanya puting saja, semua bagian di payudara yang menukik di dalam harus anda waspadai sebagai gejala kanker payudara dan patut dilakukan pengecekan lebih lanjut agar tidak menjadi lebih bahaya. Puting susu yang ‘bersembunyi’ di dalam dapat terjadi di hanya salah satu bagian saja atau di kedua bagian sekaligus.

 

  1. Gatal, Bersisik Sakit, dan Ruam di Puting Susu

ciri-ciri-kanker-payudara-keluar-cairan-dari-puting

Faktor lain yang dapat menjadi ciri ciri penyakit kanker payudara adalah timbulnya gatal yang tidak terduga di sekitar daerah payudara. Gatal ini dapat terjadi dalam skala kecil dan tidak terlalu mengganggu sampai yang cukup mengganggu karena sulit hilang serta intensitasnya sudah sangat tinggi.  Di kulit payudara juga timbul semacam sisik yang cukup mengganggu karena sakit jika di kelupas atau di pegang. Bersisik pada bagian kulit mana pun tentu harus mendapat treatment yang lebih karena sewajarnya kulit manusia tidak akan bersisik, terlebih jika terjadi di daerah payudara. Khusus untuk ruam hanya terjadi di sekitar puting susu, jika terjadi ruam, sebaiknya berkonsultasi di dokter terkait.

 

* Credit image to Susan G Komen Via komen.org

 

 

 

 

Related Post