Cerita Unik Pembuatan Rumah Sepatu

Browse By

Rumah Sepatu di Medan

Jika Anda melintasi jalan sekitar SMA Negeri 2, Karang Sari, Polonia, Medan tentunya pernah melihat sepintas sebuah rumah berbentuk sepatu ini. Namun belum semua warga Medan mengetahui keberadaan rumah unik ini. Rumah tersebut merupakan milik Muhammad Jusuf Sokartara. Rumah sepatu tersebut memiliki panjang sekitar 9 meter dan memiliki tiga lantai. Di tiap lantai diberi jendela, bahkan di lantai 3 ada balkon kecil dengan teralis pengaman. Letaknya pun cukup strategis sehingga mampu menarik perhatian banyak orang, yakni di tengah sebuah lahan di pinggir jalan. Rumah tersebut diberi nomor 13, angka kesukaan Jusuf. Rumah ini terinspirasi dari rumah sepatu di India.

Rumah Sepatu di Palu

Rumah sepatu tersebut dibangun tahun 2015, di atas sebidang tanah dengan luas 13 x 7 meter dengan tinggi bangunan depan 4 meter dan belakang setinggi 7,5 meter dan diperkirakan menghabiskan biaya sebesar 350 juta rupiah. Rumah unik berbentuk sepatu milik Sudirman terletak di Jalan Ramba, Lorong I, Kelurahan Birobuli Selatan, Palu, Sulawesi Tengah. Sudirman membuat rumah sepatu terdorong dari tempat dia pertama kerja di salah satu perusahaan kontraktor di Makassar, ia sering ditendang-tendang oleh bos.  Pengalaman itu bersambut setelah menonton tayangan televisi tentang rumah sepatu di Afrika, ia pun terinspirasi mewujudkannya dengan hal yang sama.

Rumah Sepatu di Afrika Selatan

Rumah Sepatu dari Afrika Selatan ini adalah karya seniman dan perhotelan Ron Van Zyl, yang membangunnya untuk istrinya Yvonne pada tahun 1990. Rumah ini berfungsi seperti museum kecil, menampilkan ukiran kayu Van Zyl. sepatu ini merupakan bagian dari kompleks yang mencakup sebuah rumah tamu eight-chalet, perkemahan, restoran, kolam renang dan bar.