Cegah Penyakit Maag Lewat Asupan Makanan

Browse By

Penulis Tia Sri Rezeki

Jika sering merasa perih pada perut terutama jika telat makan, kemungkinan besar Anda menderita penyakit maag. Tentunya hal ini harus dibuktikan dengan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

Penyakit maag terjadi akibat produksi asam lambung berlebih sehingga asam lambung tersebut akan melukai dinding lambung.Tingginya asam lambung ini menyebabkan penderita merasakan perih pada bagian lambungnya. Produksi asam lambung dapat menigkat karena dipicu oleh beberapa faktor.

“Banyak faktor yang bisa jadi pemicu meningkatnya asam lambung, diantaranya kondisi stres, telat makan dan mengkonsusmsi makanan yang dapat meningkatkan produksi asam lambung,” ujar Annisa Dian Islamiyati Nasution S.Ked.

Namun, apabila anda telah menderita penyakit maag, ada baiknya anda memperhatikan asupan makanan Anda. sebab ada beberapa makanan yang yang ternyata dapat meningkatkan asam lambung sekaligus memperparah penyakit maag.

“Perhatikan makanannya, karena banyak makanan yang justru akan memperparah penyakit maag, jadi harus jaga makanan,” tambahnya.

Ada beberapa makanan yang perlu dihindari yakni makanan yang mengandung gas seperti lemak hewani, sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, buah yang dikeringkan dan minuman bersoda.

Tak hanya itu, makanan yang merangsang keluarnya asam lambung juga harus dihindari. “kopi, minuman beralkohol, anggur putih, itu dapat merangsang keluarnya asama lambung jadi harus dihindari,” lanjutnya.

Selain itu, makanan yang sulit dicerna seperti makanan berlemak, kue tart dan keju juga harus dihindari agar tidak terjadi pengosongan lambung yang berakibat pada melambatnya cara kerja lambung.

Makanan yang merusak dinding lambung juga harus dihindari, seperti cuka, makanan pedas, merica dan bumbu yang kuat bersifat asam (Acid).

Coklat, makanan tinggi lemak dan gorengan juga harus dihindari, sebab makanan tersebut dapat melemahkan klep kerongkongan bawah. Tak hanya itu, makanan yang karbohidrat juga harus diwaspadai oleh penderita maag. Seperti beras ketan, mie, bihun, jagung, singkong, talas, serta dodol.

Pengosongan lambung terjadi dalam waktu 3 jam setelah pengisian makanan. Sebab itu, bagi penderita maag disarankan untuk mengisinya dengan makanan ringan. “Agar lambung tidak kosong, jadi diselangi dengan makanan ringan sebelum jam makan. Saran saya dua jam sekali, jadi lambung tidak kosong, karena kalau lambungnya kosong akan terasa perih disebabkan asam lambung yang mencerna dinding lambung,” tutupnya.