Cara Merayakan Valentine Unik di Beberapa Negara

Browse By

Penulis Josua Sinaga

Hari Valentine dirayakan di hampir seluruh dunia. Setiap negara pun memiliki tradisi unik dalam merayakan hari kasih sayang. Berikut adalah lima negara dengan tradisi perayaan Hari Valentine terunik di dunia.

  1. Inggris

Jika di kebanyakan negara hari Valentine lebih banyak dirayakan oleh mereka yang sudah punya pasangan, lain halnya dengan di Inggris. Justru para wanita lajang lah yang lebih antusias menyambut hari Valentine. Tepat pada malam sebelum Valentine datang, para wanita lajang menyimpan beberapa helai daun di balik bantal mereka. Mereka percaya bahwa dengan melakukan hal seperti itu, pangeran impian mereka akan segera datang dan menikahi mereka.

Sedangkan, untuk laki-lakinya, mereka bakalan memberikan sendok kayu yang diukir dengan simbol yang memiliki arti sendiri. Misalnya, simbol kunci sebagai lambang kunci menuju hati sang kekasih. Meski sederhana, tapi makna di balik tradisi ini sangat romantis.

Begitu juga dengan anak-anak, mereka merayakan Valentine dengan menunggu Jack Valentine, sosok yang dipercaya bakalan mengetuk pintu rumah sebelum meninggalkan hadiah dan permen untuk para anak-anak.

Sumber: http://www.cbsnews.com

2. Italia

Perayaan Valentine unik lainnya, yang juga masih ada sangkut-pautnya dengan wanita lajang, terjadi di Italia. Mereka yang masih belum memiliki pasangan akan bangun jauh lebih pagi pada hari Valentine karena mereka percaya bahwa kesempatan mendapatkan jodoh dan segera menikah akan terbuka semakin lebar jika mereka meninggalkan tempat tidur mereka semakin pagi.

Sumber: http://www.grandvoyageitaly.com

  1. Filipina

Pernikahan massal dilangsungkan di Filipina sebagai tanda perayaan Valentine. Ribuan pasangan ikut bergabung dalam acara pernikahan massal ini. Acara ini bukan hanya dihadiri oleh pasangan yang baru akan menikah, namun juga oleh pasangan yang ingin memperbarui sumpah pernikahan.

Sumber: http://www.grandvoyageitaly.com

  1. Korea Selatan

Betapa antusiasnya warga Korea Selatan hingga merayakan Valentine selama tiga bulan berturut-turut! Ya, pada hari Valentine, yakni tanggal 14 Februari, sang wanita lah yang terlebih dahulu mengungkapkan perasaan cintanya kepada sang pria. Si pria ini lalu membalasnya pada tanggal 14 Maret, sebulan kemudian. 14 Maret dikenal sebagai Hari Putih (White Day). Lalu sebulan kemudian, tepatnya tanggal 14 April, adalah hari perayaan bagi mereka yang belum memiliki pasangan. Pada hari ini mereka akan mengenakan baju serba hitam lalu makan makanan yang serba hitam juga berupa mi dengan saus kental hitam dan minum kopi hitam. Itulah mengapa tanggal 14 April dikenal sebagai Hari Hitam.

Sumber : http://www.edition.cnn.com

  1. Perancis

Negara dengan Menara Eiffel dan kota Paris yang ikonik nan romantis ini punya tradisi Valentine yang nggak kalah manis. Setiap Valentine, setiap pasangan bakalan merayakan dengan mengirim surat cinta. Ets, tradisi ini nggak sembarangan lho karena ada sejarahnya. Katanya, dulu pada tanggal 14 Februari, Charles Duke of Orleans mengirim surat cinta untuk sang kekasih hati yang dipenjara di Tower of London tahun 1445 silam. Nampaknya, kisah tersebut menginspirasi berbagai masyarakat Eropa dan juga Prancis untuk mengungkapkan rasa cinta melalui untaian kata.

Selain itu, Perancis  juga memiliki tradisi unik lainnya dalam merayakan hari Valentine. Kaum hawa dan adam biasanya berkumpul bersama dalam sebuah rumah. Sang pria akan mencari wanita mana yang pantas dan cocok menjadi pendamping hidupnya. Namun, jika si pria tidak menemukan adanya kecocokan antara dirinya dengan sang wanita yang dipilihnya, si pria boleh menggandeng wanita lain dan meninggalkan wanita pilihannya sebelumnya. Para wanita yang merasa ditinggalkan pasti akan merasa kecewa. Saat acara berkumpul usai, mereka akan berkumpul di sekitar api unggun lalu membakar foto pria yang telah menyakiti hati mereka. Tradisi ini tadinya masih ada di Perancis, namun sekarang tradisi tinggal tradisi karena telah dilarang oleh pemerintah Perancis.

Sumber : http://www.frenchtoday.com