Buat Cokelat Sesuai Keinginan, Yuk Mampir ke Tempat Ini

Browse By

Penulis & Fotografer M.Sahbainy Nasution

Bagi yang merayakan Hari Valentine, pasti Anda akan menunggu pasangan untuk membeli coklat yang diinginkan. Namun, coba kali ini pergi berduaan ke Science Techno House (STH) atau Pusat Penelitian Kelapa Sawit, Jalan Brigjen Katamso No 51 Medan.

Pasti bertanya-tanya, ada apa di sana? Banyak orang mengira, STH hanya tempat penelitian kelapa sawit saja. Memang dalam satu sisi, fungsi dari gedung ini adalah untuk melakukan up date terbaru tentang minyak goreng tersebut. Tapi, ada satu ruangan di tempat ini, menyajikan pembuatan coklat yang mengambil bahan baku inti dari kelapa sawit.

“Di STH ini, pengunjung bukan hanya membeli coklat, namun bisa melihat pembuatan coklat dari bahan baku sawit dari tahap awal sampai hingga menjadi coklat. Tempat edukasi pembuatan, bisa dilihat semua kalangan umum, pendidikan maupun perusahaan,”terang Sabarida Silalahi selaku Science Techno House Indonesia Oil Palm Research Institute.

Agar mengetahui proses pembuatan coklat, awalnya pengunjung diwajibkan untuk membuka alas kaki. Lalu dibawa ke ruangan khusus melihat biji kelapa sawit yang berasal dari perkebunan perusahaan sendiri. Setelah itu, Anda akan melihat mesin untuk pembuatan minyak tersebut. “Kemudian, pada mesin kedua akan terlihat reactor blending, crystallinzing dan texturing pada bahan baku minyak tersebut,”ucap Sabarida.

Selanjutnya, pengunjung bisa melihat bahan baku inti kelapa sawit, dan digabungkan dengan bahan penunjang seperti susu, powder, coklat, gula dan lainnya. Kemudian, Anda akan melihat pengolahan coklat dari sawit itu. “Untuk pengolahan di mesin agar mendapatkan coklat yang baik, dibutuhkan waktu sekitar 48 jam lamanya,”ucapnya.

Coklat sudah selesai, nah disini pasangan Anda, bisa membentuk sesuka hati yang dinginkan. Enaknya, bisa membeli langsung cetakan tersebut. “Karena tempat ini selain jualan coklat, juga tempat edukasi bagi para pendatang,”ujarnya.

Related Post