Pesona Kopi Peaberry

Browse By

Teks/ Foto: Resta M.Napitupulu

Kopi Arabika Peaberry atau yang lebih dikenal dengan kopi Lanang memiliki pesona yang membuat pecinta kopi tak tahan untuk tidak mencicipinya. Disebut Lanang dikarenakan dalam satu buah cherry kopi hanya terdapat satu biji, tidak dua biji seperti kopi umumnya. Dengan biji yang bulat dan tunggal, Kopi Lanang hanya memiliki kapasitas produksi yang sedikit, berkisar 5-10% dari keseluruhan produksi kopi Arabika. Kopi yang populer dikalangan pecinta kopi ini berasal dari Tanah Karo. Daerah ini merupakan tempat yang dikenal memiliki kontur tanah yang baik untuk jenis kopi Arabika.

Salah seorang pengunjung Medan International Coffee Festival, Haris (24), yang mengaku sebagai  pencinta kopi memilih kopi Peaberry atau kopi Lanang untuk dinikmatinya. “Saya suka kopi dan saya udah beli kopi Peaberry, rasanya enak,” ungkapnya di tengah keramaian pengunjung. Anda bisa membeli kopi Peaberry di tenant yang ada di Medan International Coffee Festival dengan kisaran harga Rp 60.000/ 200gr.

Kopi jenis ini memiliki rasa unik dengan karakteristik yang sedikit asam dan aromanya yang sangat berkarakter. Penyajian kopi ini tidak begitu disarankan menggunakan tambahan gula. Manisnya gula sulit mengalahkan karakter asam kopi, alhasil, gula yang ditambahkan pun jumlahnya harus banyak, dan itu tidak begitu baik untuk kesehatan. Tetapi, Anda bisa menikmati sensasinya sendiri. Kenikmatan kopi Peaberry akan menemani Anda dengan kualitas unggul yang tak main-main, slurrrp.